Minggu, 12 Oktober 2008

Berita Sampah di Muarabungo

Minta Semua Sampah Dibersihkan

Muarabungo-Penanganan sampah dalam Kota Muarabungo perlu lebih serius lagi. Dalam sebuah inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Bupati H Zulfikar Achmad Sabtu (11/10) masih banyak ditemukan sampah-sampah berserakan.

Zulfikar meminta agar sampah-sampah yang berserakan itu tak terjadi lagi, apalagi dua pekan lagi Bungo sebagai tuan rumah pekan olahraga provinsi (porprov) Jambi ke-18 Jambi. “Saya tidak mau sampah-sampah ini masih berserakkan di tengah kota, saya berharap semua sampah dan rumput yang tinggi ini seluruhnya harus dibersihkan,” pinta Zulfikar kepada.

Masyarakat katanya, haruslah senantiasa untuk menggalakkan program bidang kebersihan kota dan lingkungan hidup. Ini dilakukan dengan kegiatan Jumat bersih atau untuk setiap kali dalam satu pekan dilakukan kebersihan minimal di lingkungan masing-masing.

Dengan adanya program kebersihan ini, sebagai upaya untuk menggugah dan mengajak masyarakat, agar peduli terhadap kebersihan lingkungan masing-masing. Dan menjadikannya lingkungan hidup itu sebagai kebutuhan hidup masyarakat, apalagi masyarakat Kabupaten Bungo mayoritas beragama muslim yang mengerti bahwa kebersihan itu merupakan sebagian dari iman.

”Kita seharusnya malu melihat sampah berserakkan seperti ini, apalagi kita yang beragama islam. Untuk itu kepada Dinas Perkotaan dan Kecamatan Pasar Muarabungo segera mengintruksikan untuk kebersihan ini,” jelas Zulfikar.

Memang kata Zulfikar salah satu problem dari kebersihan lingkungan yang kini menjadi persoalan nasional, yakni persoalan sampah. Indikasinya, di mana-mana terdapat sampah yang tidak dibuang secara bagus.

Kalau tidak dimulai dari masyarakat itu sendiri, bagaiamana mau menciptakan kebersihan di lingkungan kota apalagi di lingkungan masing-masing. “Untuk itu saya sangat mengharapkan masyarakat sadar betul akan pentingnya sebuah kebersihan, jangan lagi mereka membuang sampah sembarangan,” pinta Zulfikar. (sam)

Tidak ada komentar: